0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Ruas Jalan Colomadu Akan Naik Status

timlo.net/nanang rahadian
Salah satu ruas jalan di Desa Gajahan yang akan naik status (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Dua ruas jalan desa di wilayah Kecamatan Colomadu, akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan kabupaten. Ruas jalan tersebut berada di wilayah Desa Baturan sepanjang 2,5 kilometer dan di wilayah Desa Gajahan 1,5 kilometer.

“Kalau berstatus jalan kabupaten, perbaikannya bisa dilakukan lebih maksimal oleh kabupaten. Pengukuhan statusnya nanti juga dituangkan dalam surat keputusan (SK) bupati,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wilayah Karanganyar Barat Suharso, Selasa (17/5).

Suharso mengatakan, perubahan status dari jalan desa menjadi jalan kabupaten tersebut saat ini sedang diproses. Dikatakannya, dengan berstatus jalan kabupaten, akan memudahkan Pemkab untuk mengakses bantuan keuangan (bankeu) dari provinsi, untuk memperbaiki kerusakan.

“Juga meringankan desa dalam pemeliharaan jalan,” kata Suharso.

DPU selaku instansi teknis, saat ini masih mengevaluasi rencana perubahan status dua ruas jalan tersebut, serta memastikan apakah syarat untuk menjadi jalan kabupaten terpenuhi atau tidak.

“Salah satu syaratnya, untuk menjadi jalan kabupaten lebar badan jalan minimal enam meter,” jelasnya.

Camat Colomadu Yopi Eko Jati Wibowo setuju, jika dua ruas jalan yang ada di wilayah Baturan dan Gajahan diubah statusnya dari jalan desa menjadi jalan kabupaten.

“Sebab itu akan meringankan beban desa juga. Desa tidak lagi terbebani anggaran untuk perawatan dan perbaikan, jika terjadi kerusakan,” katanya.

Dia berharap, perubahan status itu bisa terealisasi secepatnya. Sebab dengan perubahan status itu, akan mendorong percepatan pemekaran wilayah Colomadu, agar tidak tertinggal dengan wilayah lain di sekitarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge