0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada Demam Berdarah, Puskesmas Disiagakan

merdeka.com
Fogging nyamuk demam berdarah (merdeka.com)

Sukoharjo — Masyarakat diminta tetap waspada terhadap potensi serangan penyakit demam berdarah yang diprediksi masih cukup tinggi. Meskipun untuk saat ini dibandingkan dengan tahun lalu relatif lebih rendah, namun seluruh puskesmas sudah melakukan persiapan lonjakan penderita DB.

“Memang dengan waktu yang sama dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah penderita DB saat ini masih di bawah tahun lalu. Namun, pada masa bulan Mei-Juni ini harus waspada karena potensi masih sangat tinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Guntur Subiantara, Rabu (18/5).

Untuk tahun ini potensi serangan penyakit yang disebabkan nyamuk ini merata di seluruh kecamatan, namun ada pergeseran sedikit. Seperti di Kecamatan Bulu, pada tahun lalu sedikit, sekarang naik, sehingga utnuk tahun ini daerah endemis dapat berubah sewaktu-waktu.

Pada Bulan Mei dan Juni ini masyarat dihimbau lebih waspada dan meningkatkan perilaku hidup sehat dan membrantas sarang nyamuk. Serangan diprediksi akan turun pada Bulan Juli hingga Agustus karena sudah pada musim kemarau.

“Serangan nyamuk ini meningkat pada masa pancaroba atau peralihan cuaca, karena perkembang biakan nyamuk tinggi di musim ini. Dan tidak hanya DB saja, juga berpotensi penyebaran penyakit seperti Ispa dan Diare,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge