0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tantangan Polisi Selesaikan Kasus Jessica

dok.merdeka.com
Jessica Kumala Wongso (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tersangka pembunuh Mirna, Jessica Kumala Wongso bisa dibebaskan jika polisi tidak melengkapi berkas perkara sampai 27 April mendatang. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono menegaskan, sebenarnya penyidik telah mengumpulkan hampir semua bukti terkait kasus tersebut. Hanya saja, memang satu bukti belum ada yakni pengakuan Jessica.

“Sebenarnya kalau dari lima alat bukti yang diatur dengan pasal 184 KUHAP, bahwasannya yang tidak terpenuhi satu saja, hanya keterangan terdakwa tidak mengakui,” kata Awi Setiyono, Rabu (18/5).

Awi mengungkapkan empat alat bukti yang ada sudah memenuhi syarat. Namun, JPU ingin alat bukti berupa petunjuk kuat Jessica sebagai pelaku.

“Nah petunjuk ini kan yang berdasarkan penemuan penyidik di masyarakat untuk mendukung. Untuk mendalam, itu teknis. Nah disampaikan bahwasannya yang bisa saya penuhi ini. Dan ini legal semua, namun demikian yang diminta jaksa kita akan tetap tindak lanjuti,” ucapnya.

Meski berkasnya berulang kali dinyatakan belum lengkap oleh Kejati DKI, dikatakan Awi, pihaknya tetap optimis dan yakin dengan pembunuhan yang terjadi.

“Kalau kita dari awal berkas dilimpahkan dari awal sudah seyakin-yakinnya, yang diamanatkan UU dengan minimal dua alat bukti sudah lebih dari cukup. Melakukan penuduhan Jessica sebagai pelakunya. Mempersangkakan Jessica sebagai pelakunya,” tegasnya.

“Tapi kembali lagi kita semua pakai aturan hukum intinya kita berdasarkan UU yang ada. Dalam KUHAP, jika 120 hari penyidik belum ada jawaban P21 dari kejaksaan, maka demi hukum kita akan melepaskan Jessica dari tahanan,” jelasnya

“Kita akan koordinasi dengan JPU. Namun tidak menutup kemungkinan jaksa juga masih menimbangkan dan menilai kelengkapan berkas ini. Ya kita membantu melengkapi berkas itu. Bukan serta merta kita bebaskan Jessica sudah 120 hari, kasusnya selesai, tidak,” lanjut dia.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge