0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Boyolali Bakal Bangun Alun-Alun Lor

Alun-alun Kidul Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali berencana membangun alun-alun lor dengan anggaran Rp 20 milliar. Alun-alun Lor rencananya bakal dibangun di wilayah Kragilan, Mojosongo, atau di jalur lingkar utara.

“Kenapa kita nambah alun-alun, kan idealnya alun-alun itu harus sepasang, alun-alun selatan dan utara,” kata Bupati Boyolali Seno Samudro, Rabu (18/5).

Pembangunan alun-alun lor, nantinya lebih luas dibandingkan alun-alun selatan atau kidul yang berada di Komplek Kabupaten Boyolali, Kemiri, Mojosongo. Luasan untuk alun-alun kidul  70 x 100 meter persegi, sementara di alun-alun yang baru akan dibangun seluas 60 x 200 meter persegi. Dipilihnya lokasi Kragilan, menurut Bupati, hal itu setelah ditarik garis lurus dari alun-alun selatan ke arah utara.

“Memang agak bergeser 50 meter,tahun depan saya target pembangunan sudah selesai,” tambahnya.

Nantinya, seluruh hiburan yang berada di alun-alun selatan akan dipindah ke alun-alun utara. Keberadaan alun-alun utara ini, sekaligus untuk memecah keramaian di Simpang Lima. Sementara untuk saat ini bupati mengaku pihaknya baru negosiasi terkait harga tanah.

“Luasan lahan yang kita siapkan 3,5 hektar,” imbuhnya.

Di sisi lain, Seno mengklaim keberadaan alun-alun kidul atau selatan, banyak yang menguji konsepnya. Bahkan saat ini, alun-alun di Komplek Kabupaten banyak didatangi warga dari luar kota.

“Kalau cuaca cerah, bisa melihat gunung Merapi Merbabu mengapit alun-alun,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge