0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kongres Pangan Dunia

Petani Padi Sepakat Tanam Serempak Bulan Juli

dok.timlo.net/nanin
Lahan pertanian padi di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Petani Desa Trayu dan Tangjungsari, Banyudono, sepakat melakukan tanam serempak pertengahan bulan Juli. Hal ini untuk mendukung peringatan Kongres Pangan Dunia yang bakal digelar bulan Oktober di Boyolali.

Sementara itu, pihak Pemerintah Desa Trayu memasang spanduk spanduk pemberitahuan bahwa akan ada penen padi Serentak yang dilakukan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Menurut Kaur Kesra Desa Trayu, Nur Budi, lahan yang digunakan seluas 60 hektar

“Pertengahan bulan Juli mereka baru bisa melakukan tanam,” kata Nur Budi, Rabu (18/5).

Sejumlah petani di Desa Trayu mendukung peringatan hari pangan dunia dengan melaksanakan himbauan untuk tanam serentak. Apalagi Presiden Jokowi direncanakan bakal menghadiri panen serempak.

“Semua setuju, apalagi nanti Pak Presiden yang panen,” ujar Paiman.

Hanya saja, saat ini kalangan petani masih bingung dengan rencana teknis tanam serempak tersebut. Hal ini terkait dengan proses tanam dan panen apakah difasilitasi pemerintah atau langsung dilakukan petani.

“Kalau kita yang tanam sendiri, jelas tidak mampu, apalagi buruh tanam saat ini sangat sulit,” tambahnya.

Menanggapi keluahan petani, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Banyudono, Wiwik Yuni Astuti, mengungkapkan pihaknya saat ini masih menunggu instruksi dari pusat. Untuk saat ini, masih dilakukan pendataan lahan sawah yang akan digunakan untuk panen serentak Oktober mendatang.

“Dari pendataan itu nanti baru bisa dilakukan pemetaan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge