0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah Tantangan Pustakawan Sekarang

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Agar ramai dikunjungi pembaca, perpustakaan sekarang ini harus kreatif dalam melayani pengunjung. Sehingga tidak hanya nyaman dikunjungi tetapi juga dapat meningkatkan minat baca.

“Artinya perpustakaan tidak hanya sekedar sebagai penyimpan buku atau gudang buku. Tetapi harus bisa menarik pengunjung, dan menumbuhkan minat baca masyarakat,” jelas Kepala UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS), Muhammad Rohmadi kepada wartawan terkait Peringatan Hari Buku Nasional, di Kampus UNS, Solo, Rabu (18/5).

Karena itu, menurut Rohmadi, perpustakaan sekarang ini perlu ada pembenahan agar menjadi magnet bagi masyarakat sebagai sumber pengetahuan. Termasuk di era digital perpustakaan perlu menyiapkan diri, adanya aplikasi atau platform seperti google, wikipedia, dan lainnya merupakan tantangan bagi pengelola perpustakaan untuk meningkatkan minat dan daya baca pengunjungnya.

“Dengan kata lain, pustakawan seharusnya mampu memainkan peran sebagai kurator, guru, dan inspirator serta penghubung para pengunjung perpustakaan yang baik,” tandasnya.

Hal yang perlu diperhatikan oleh pustakawan sekarang ini, menurut Rohmadi, di antaranya memiliki tugas tambahan yakni harus banyak belajar teknologi, terutama teknologi komunikasi. Karena dunia buku atau baca sekarang ini hingga ke depan tidak dapat lepas dari pemanfaatan teknologi digital, khususnya dalam pencarian informasi.

“Itulah tantangan-tantangan pustakawan sekarang ini untuk melakukan pembenahan dunia perpustakaan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge