0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relawan Karangpandan Digembleng di Gunung Gamping

dok.timlo.net/nanang rahadian
Camat Karangpandan Aji Pratama Heru (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karangpandan — Sebanyak 40 anggota Relawan Karangpandan (Rendan) akan mengikuti pelatihan tanggap bencana di Gunung Gamping, Tawangmangu dan Waduk Delingan, Karanganyar, Jumat (20/5) hingga Minggu (22/5) mendatang. Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal menjadi instruktur dalam pelatihan selama dua hari tersebut.

“Kita apresiasi pembentukan Rendan. Karangpandan merupakan kecamatan pertama yang memprakarsai pembentukan relawan kebencanaan,” kata Koordinator Pos Basarnas Surakarta, Amin Yahya, Selasa (17/5).

Amin menambahkan, wilayah Kecamatan Karangpandan merupakan salah satu daerah rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Karanganyar. Anggota relawan akan ditempa kemampuanya dalam menangani bencana.

”Ada tiga materi yang kita berikan, yakni water rescue yang diselenggarakan di Waduk Delingan, vertical rescue di Gunung Gamping Tawangmangu dan medical first responder,” kata Amin.

Ketiga materi tersebut, lanjut Amin, diperlukan dalam penanganan bencana. Water rescue untuk penanganan korban tenggelam. Vertival rescue untuk penanganan korban di jurang. Medical first responder untuk pertolongan pertama pada korban bencana.

Sementara itu, Camat Karangpandan Aji Pratama Heru K yang juga pelopor pembentukan Rendan mengatakan, jumlah relawan yang akan dilibatkan ada 40 orang.

”Sebenarnya anggota Rendan ada 73 orang. Tapi karena keterbatasan pemateri, sementara 40 relawan dulu. Nanti ada latihan tahap selanjutnya,” kata Heru.

Menurutnya, selama ini relawan yang bergabung dalam Rendan lebih banyak berbekal semangat. Sementara ilmu dalam penanganan kebencanaan masih kurang. Rendan dibentuk 19 Januari 2016 lalu. Pembentukan itu didasari karena wilayah kecamatan karangpandan termasuk rawan bencana terutama longsor.

”Karena itu relawan perlu mendapat pelatihan. Pelatihnya nanti dari Basarnas, bekerjasama dengan kecamatan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge