0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

F1, Posisi Rio Haryanto di Manor Kian Terancam

Rio Haryanto (dok.timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net — Penampilan pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto berpeluang berakhir. Rio dikabarkan tak bisa melanjutkan balapan F1 sampai dengan selesai musim ini. Masalah dana menjadi faktor utama Rio tak bisa mulus menjalani musim perdananya di F1.

Terbaru, Rio Haryanto absen pada tes tengah musim F1 di SirkuitCatalunya, Spanyol, Selasa-Rabu (17-18/5). Hal ini makin menguatkan indikasi terancamnya masa depan pembalap asal Solo ini. Manajer Rio, Piers Hunnisett mengatakan Rio absen karena statusnya di Manor tidak jelas terkait belum lunasnya kewajiban pembayaran senilai 7 juta euro (Rp 105 miliar).

Alhasil dalam tes di Catalunya, Manor Racing menurunkan Pascal Wehrlein. Posisi Rio Haryanto digantikan oleh anak bos Manor, Jordan King.  King resmi ditunjuk Manor untuk menjajal kemampuan mobil MRT05 pada sesi latihan hari kedua, 18 Mei, sementara Wehrlein diminta menggeber mobil rakitan tim asal Inggris itu pada tes hari pertama F1.

“Status Rio di dalam tim memang saat ini tidak jelas. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Manor kapan saja bisa mengganti Rio dengan pembalap lain,” kata Piers.

Rio mulai mengalami hambatan menyusul respons pihaknya kepada manajemen Manor terkait pelunasan sisa pembayaran keikutsertaan Rio di Manor Racing. Seperti diketahui, Rio punya kewajiban menyetor dana senilai 15 juta euro (Rp 226 miliar) ke Manor Racing untuk bisa membalap semusim penuh di F1 2016. Namun, hingga kini pria berusia 23 tahun tersebut masih berutang senilai 7 juta euro kepada tim yang bermarkas di Inggris itu.

Sementara itu, Rio Haryanto memilih fokus pada balapan di Sirkuit Monaco untuk seri berikutnya. Terkait posisinya yang digantikan Jordan King di tes F1 pun diakui Rio tak mempengarui fokusnya.

“Hal itu memang sudah menjadi program Manor Racing. Saya fokus saja ke race berikutnya,” ungkap Rio Haryanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge