0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Ramadan dan Lebaran, XL Tambah Kapasitas Jaringan

Setyo Pujis
Pelayanan di kantor XL Solo (Setyo Pujis)

Solo – PT XL Axiata Tbk (XL) siapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat Ramadan dan Lebaran. Beberapa persiapan yang dilakukan adalah dengan memperbesar kapasitas jaringan dan menerapkan teknologi terbaru pada sistem jaringan.

“Meski momen ini adalah rutinitas setiap tahun, namun pada waktu tersebut adalah masa yang krusial, dimana puluhan juta pelanggan sangat membutuhkan koneksi dengan kualitas terbaik,” ujar Direktur/Chief Service Management Officer (CSMO) XL, Yessie D. Yosetya dalam rilis yang dikirim kepada Timlo.net, Selasa (17/5).

Dikatakan dia, diperkirakan kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data, yang mencapai 30-40 persen. Sementara untuk trafik layanan percakapan dan SMS cenderung stabil, meski tidak tertutup kemungkinan akan mengalami kenaikan antara 5-15 persen dibandingkan kondisi trafik pada hari biasa.

“Kenaikan trafik ini terutama akan terjadi di Pulau Jawa. Trafik penggunaan layanan akan mengalami kenaikan karena diperkirakan pelanggan akan lebih aktif menggunakan semua layanan saat Ramadan dan libur panjang Lebaran,” jelasnya.

Untuk antisipasi hal tersebut, sejumlah langkah persiapan telah XL laksanakan. Mulai dari kapasitas jaringan XL yang ditingkatkan hingga 2-3 kali dari kapasitas sehari-hari, mengerahkan mobile BTS, menerapkan teknologi baru NFV dan menerapkan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional.

“Dengan adanya segala persiapan ini kita berharap dapat memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge