0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sediakan Anggaran, DPU Serius Tindak Pengecor Saluran Air

dok.timlo.net/gg
(Ilustrasi) Saluran air dicor (dok.timlo.net/gg)

Solo — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Solo telah menganggarkan dana senilai Rp 100 juta untuk menindak warga yang melakukan pengecoran di atas saluran drainase di Kota Solo. Upaya ini dilakukan, supaya sistem drainase yang ada di Kota Bengawan dapat dengan mudah dipantau dan ditanggulangi jika ada masalah penyumbatan.

“Jadi ini sudah gak main-main lagi. Dana sudah dianggarkan, tinggal nunggu upaya pembongkaran yang dilakukan,” terang Kepala Bidang (Kabid) Drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo, Arif Nurhadi, Selasa (17/5).

Sejauh ini, kata Arif, pihaknya telah membidik tiga sasaran yang melakukan pelanggaran dengan mengecor bagian atas saluran air. Parahnya lagi, ketiga sasaran yang dibidik melakukan pengecoran saluran air lantaran untuk perluasan usaha mereka. Meski begitu, dirinya masih enggan untuk menyebut siapa dan di kawasan mana lokasi sasaran yang dibidik pihak DPU tersebut.

“Sejauh ini masih kami layangkan surah peringatan. Kalau tak segera diindahkan, nanti akan kami kabari teman-teman media saat melakukan pembongkaran,” tandas Arif.

Pihaknya berharap, dengan dilakukan tindakan tegas tersebut akan membuat efek jera bagi warga yang memanfaatkan saluran air dengan cara di cor untuk kepentingan pribadi. Padahal, saluran air memiliki peran penting supaya laju air tidak terhambat dan mengakibatkan banjir.

“Kita tidak tahu apa yang terjadi d ibawah saluran air yang ditutup tersebut. Maka dari itu, kami lakukan tindakan tegas ini, supaya mereka jera,” terang Arif.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge