0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Perbaikan Jalan Harus Diiringi Perbaikan Drainase

Ketua FDNR DPRD Solo, Supriyanto (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Kalangan legislatif meminta Pemkot Solo agar dalam proyek perbaikan jalan juga turut diiringi perbaikan drainase. Hal ini, dinilai dapat membuat kondisi jalan yang telah diaspal menjadi awet dan jarang untuk diperbaiki.

“Perbaiki dulu saluran airnya, jangan sampai saat hujan datang airnya malah ngecembeng (menggenang) di jalan tersebut. Ini yang membuat aspal jadi rusak,” terang Sekretaris Komisi II DPRD Solo, Supriyanto, Selasa (17/5).

Selama ini, Supiyanto menilai, perbaikan jalan yang dilakukan masih cenderung dilakukan secara parsial. Seharusnya Pemkot dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) berkoordinasi antar lini dalam melakukan perbaikan jalan termasuk memperbaiki atau membuat drainase baru. Jangan sampai terjadi tambal sulam semata.

“Kalau seperti itu kan kasihan masyarakatnya. Baru beberapa bulan, aspal sudah rusak akibat genangan air,” jelasnya.

Jika upaya tersebut dapat dilakukan, lanjut Supriyanto, bukan tidak mungkin anggaran yang tiap tahun digunakan untuk perbaikan jalan dapat dialokasi ke sektor lain yang lebih membutuhkan.

“Musuh jalan khususnya aspal itu kan air, kalau itu dapat ditanggulangi pasti akan jarang perbaikan. Gak tiap tahun kaya gini (pengajuan anggaran perbaikan jalan),” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge