0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menang Lawan Pemkab, Kades Guwokajen kembali Dilantik

dok.timlo.net/nanin
Kades Guwokajen, Budi Rahardja (berbaju batik), usai dilantik di Kantor Kecamatan Sawit (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali, Selasa (17/5), kembali melantik Kades Guwokajen, Sawit, Budi Rahardjo, setelah sebelumnya diberhentikan karena terlibat kasus pidana penggelapan mobil. Pelantikan juga dilakukan setelah Budi mengajukan gugatan ke PTUN.

“Pemberhentian saya kemarin melanggar UU, saya hanya menjalani hukuman 5 bulan, sedangkan aturanya minimal 4 tahun baru bisa diberhentikan,” kata Budi, ditemui usai pelantikan.

Budi mengajukan gugatan ke PTUN karena diberhentikan dari jabatanya sebagai Kades Guwokajen. Dalam gugatanya, Budi meminta Pemkab Boyolali untuk merehabilitas nama baiknya dan mengembalikan jabatannya sebagai kades.

“Pemkab harus mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada saya,” tambahnya.

Sedangkan kasus yang membelit Budi, berupa penggelapan mobil. Dimana, saat itu, Budi meminjam mobil milik rekannya, mobil tersebut kembali dipinjamkan ke orang lain. Ternyata mobil tersebut digelapkan oleh peminjam. Namun, karena mobil dipinjam dari pemilik atas nama Budi, maka dirinya yang diminta pertanggung jawaban.

“Saya yang dikejar-kejar untuk bertanggung jawab,” ungkapnya.

Bupati Boyolali Seno Samudro menyetakan, pihaknya tidak akan mengajukan banding atas putusan PTUN, sehingga mengabulkan permintaan Budi untuk dilantik kembali sebagai Kades. Dijelaskan Bupati, dasar pemberhentian Budi sebagai Kades Guwokajen sudah sesuai aturan. Hanya saja, putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim hanya empat bulan.

“Ini menjadi pelajaran bagi kami untuk lebih cermat bila ada kasus serupa,” ujar Bupati.

Bupati juga meminta Kades Guwokajen, Budi Rahardjo, sesuai dilantik, kembali menjalankan tugas dan melayani masyarakat dengan baik. Sedangkan pelantikan dilakukan di Kantor Kecamatan oleh Assisten 1 bidang Pemerintahan Untung Rahardja.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge