0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Paling Sehat Untuk Mengolah Sayuran Terungkap

Sayuran (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net—Menurut sebuah ulasan baru dari Brazil, mengukus sayuran bisa meningkatkan nilai nutrisi di dalamnya. Para peneliti menganalisa 21 penelitian tentang berbagai metode memasak dan pengaruhnya terhadap tingkat antioksidan dalam sayuran. Antioksidan adalah senyawa yang bisa melawan kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurodegenerative.

Sebagian besar metode memasak seperti merebus, memanggang dan memasak dengan microwave merusak jaringan sayuran serta merusak antioksidan dalam tingkat tertentu. Merebus bisa meluluhkan lebih banyak antioksidan karena senyawa pelawan penyakit itu larut dalam air panas.

Masing-masing sayuran bereaksi berbeda terhadap setiap metode memasak. Tapi para analis menemukan jika merebus bisa menurunkan tingkat polifenol dalam sayuran hingga 38 persen. Polifenol adalah sejenis antioksidan. Sementara mengukus justru meningkatkan tingkat polifenol hingga 52 persen.

Mengukus bisa meningkatkan polifenol karena tingkat pemanasannya lebih lembut dan sayuran tidak dimasukkan dalam air, kata Elizabeth H. Jeffrey, Ph.D., seorang profesor ilmu nutrisi dari University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat (AS).

Panas yang kecil sebenarnya mematahkan ikatan polifenol di sayuran yang mencegah tubuh mencerna senyawa ini jika kita memakan sayuran mentah, kata Jeffrey.

Tentunya bukan berarti memasak dengan microwave atau memanggang sayuran itu tidak diperbolehkan. Kedua cara memasak itu tetap baik, tapi hanya mengurangi jumlah antioksidan di dalam sayuran.

Apapun metode memasak yang Anda pilih, jangan memasak sayuran terlalu lama. Memasak sayuran terlalu lama dalam suhu tinggi justru menghancurkan lebih banyak antioksidan, kata para peneliti.

Segera matikan api begitu sayuran mulai lembut tapi masih renyah. Cirinya adalah Anda bisa menusuk sayuran dengan garpu tapi sayuran tetap utuh saat ditusuk.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge