0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Labfor Polda Jateng Periksa Sisa Kebakaran Delta Dunia Textil

timlo.net/nanang rahadian
Tim Labfor memeriksa sisa kebakaran Delta Dunia Textil (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran gudang kapas PT Delta Dunia Tekstil, Tasikmadu, Senin (16/5). Tim Labfor memeriksa reruntuhan bangunan gudang dan mengambil sejumlah sampel untuk bahan penyelidikan.

“Olah tempat kejadian perkara ini untuk mengetahui penyebab kebakaran,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra yang mendampingi Tim Labfor yang dipimpin AKBP Rini Pujiastuti, Senin (16/5).

Tim labfor kemudian menyisir sejumlah lokasi di gudang kapas seluas sekitar 2.000 meter persegi itu. Sisa barang gudang yang sudah menjadi arang diambil sebagai sampel. Selama olah TKP dijaga aparat kepolisian. Petugas melarang warga maupun karyawan yang ingin menonton. Proses olah TKP berlangsung selama hampir dua jam.

Kapolres menambahkan, data yang dikumpulkan dibawa ke Labfor Polda Jateng. Namun demikian, data dari lapangan belum cukup untuk menjawab penyebab kebakaran.

”Status masih penyelidikan, hasil olah TKP belum menjadi penentu hasil penyelidikan. Masih ada tahap penyelidikan lanjutan,” terang Mahedi ditemui di lokasi.

AKBP Mahedi mengatakan Polres Karanganyar sudah meminta keterangan sejumlah saksi. Mulai dari karyawan, penjaga gudang dan saksi yang mengetahui kebakaran itu.

Diberitakan sebelumnya, gudang PT Delta Dunia Tekstil terbakar, Jumat (13/5) malam. Api baru bisa dijinakkan setelah hampir 48 jam pada Minggu sore. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Nugroho mengatakan, hidran yang berada di pabrik tidak berfungsi. Selain itu tiupan angin sangat kencang sehingga menghambat proses pemadaman.

”Di dalam gudang terdapat 15.000 bal kapas seberat 4.500 ton, cairan kimia, peralatan forklift, dua genset,” kata Nugroho.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge