0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB SMP, Dewan Minta Nilai Rapor Siswa Dipertimbangkan

dok.timlo.net/achmad khalik
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Kalangan legislatif menilai hasil akhir Ujian Sekolah (UN) Sekolah Dasar (SD) yang digunakan untuk menentukan ke jenjang lebih tinggi (SMP) dirasa kurang tepat. Seharusnya, rata-rata nilai Rapor yang diperoleh juga menjadi pertimbangan penting dalam pemilihan sekolah yang dikehendaki siswa dalam PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) tersebut.

“Selama ini, yang menjadi patokan mendaftar ke SMP dari lulusan SD adalah nilai UN. Ini seakan tidak adil, melihat nilai Rapor yang mereka dapatkan selama enam tahun. Harusnya, nilai Rapor juga menjadi pertimbangan khusus,” terang Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Senin (16/5).

Selama ini, kata Hartanti, ia banyak mendengar permasalahan di lapangan terkait minat siswa mendaftar ke sekolah favorit di Kota Solo. Banyak di antara siswa SD yang tidak diterima di sekolah favorit lantaran nilai UN yang tidak memenuhi syarat. Padahal, dari hasil nilai Rapor tergolong bagus.

“Faktornya banyak sekali, bisa jadi siswa yang pandai ini panik ketika menjalani UN. Sehingga hasilnya kurang memuaskan dibandingkan siswa kurang cerdas yang beruntung saat mengerjakan UN dan mendapat hasil memuaskan,” jelas Hartanti.

Pihaknya berharap, Pemkot dapat mempertimbangkan nilai Rapor siswa disamping nilai UN saat mendaftar ke sekolah yang mereka kehendaki. Namun, jika kedua nilai tersebut dianggap kurang memuaskan maka pihak sekolah dapat mengambil siswa lain lantaran persaingan yang sangat ketat di sekolah favorit tersebut.

“Jadi kalau bisa, selain nilai UN juga mempertimbangkkan nilai Rapor siswa,” kata Hartanti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge