0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Verstappen, Pembalap Termuda yang Naik Podium

Verstappen (merdeka.com)

Timlo.net – Pembalap Formula 1 dari tim Red Bull, Max Verstappen secara luar biasa memenangi GP seri Catalunya, Spanyol, Minggu (15/5). Penghargaan khusus pun diperolehnya, yakni sebagai pembalap berusia paling muda yang bisa naik podium pertama.

Verstappen masih berusia 18 tahun menembus finis menyingkirkan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Hebatnya lagi, Verstappen meraih hasil tersebut pada balapan perdananya bersama Red Bull.

Sebelumnya, ia bertukar tempat dengan Daniil Kvyat, yang kini “turun” membela Toro Rosso. Rekan satu tim Verstappen di Red Bull, Daniel Ricciardo, finis di urutan keempat.

“Ini luar biasa. Balapan ini seperti balap ketahanan buat saya, terutama di lima putaran terakhir. Saya tidak percaya kalau saya sedang memimpin balapan dan hari ini semuanya berjalan dengan lancar,” beber pembalap asal Belanda ini seperti dikutip dari Crash.

Kemenangan Verstappen tak lepas dari pemilihan strategi ban. Setelah merasa tidak nyaman dengan ban soft, ia dan timnya kemudian memutuskan untuk mengganti ke ban medium.

“Saya pikir, dengan ban soft di stint pertama, saya bisa tampil cukup bagus, apalagi setelah dua mobil Mercedes crash. Saya sedikit kehilangan kendali setelahnya dan kami memutuskan untuk mengganti ke ban medium,” imbuh Verstappen.

Sementara itu, pembalap asal Indonesia di tim Manor Racing, Rio Haryanto harus puas finis di urutan ke-17. Padahal, sebelum balapan dihelat, Rio sempat tampil menjanjikan dengan paket pengembangan baru timnya.

Selain itu, catatan waktunya sempat membaik dari free practice I ke free practice II. Jika di sesi pertama ia menorehkan catatan waktu 1:29,052 detik, di sesi kedua ia menorehkan catatan waktu 1:27,252 detik.

“Setelah kekecewaan dari Rusia, senang rasanya melihat bendera finis hari ini. Kami memutuskan untuk melaju lama di atas ban medium di stint pertama tetapi ada terlalu banyak traffic pada fase balapan tersebut sehingga strategi kami tidak berjalan dengan baik bagi kami,” kata Rio Haryanto.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge