0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Keroncong Festival

Orkes Sinten Remen Goyang Benteng Vastenburg

dok.timlo.net/heru murdhani
Solo Keroncong Festival 2016 (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Orkes Sinten Remen menancapkan tajinya di Solo Keroncong Festival (SKF) 2016, Minggu (15/5) malam, di pelataran Benteng Vastenburg, Solo. Kelompok musik asli Kota Gudeg tersebut membawakan sejumlah lagu karya mereka, serta lagu gubahan dari lagu-lagu nusantara.

“Senang dan bangga bisa tampil di Solo Keroncong Festival 2016 ini.” ungkap pimpinan Orkes Sinten Remen, Djaduk Ferianto, mengawali sajian musik mereka.

Lagu Ayun-ayun didaulat menjadi lagu pertama yang ditembangkan Djaduk dan kawan-kawan. Lagu ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari penonton. Mereka bertepuk tangan sambil bergoyang-goyang ditempat duduk masing-masing.

Selanjutnya lagu kedua karya Joop Stokkermans dan Wieteke Van Dort yang bertajuk Geef Mij Maar Nasi Goreng sukses menggoyang penonton yang membanjiri halaman Benteng Vastenburg. Lagu berbahasa belanda ini dibawakan apik, dengan aksen jawa yang lucu.

Menginjak lagi ketiga, masyarakat keroncong Kota Bengawan disuguhkan beberapa lagu daerah di Nusantara yang dibawakan dengan teknik medley. Selanjutnya lagu We Gaan Naar Zandvoort Aan De Zee dibawakan oleh mereka. Lagu berbahasa Belanda ini di Indonesia lebih dikenal dengan judul Tanjung Perak.

“Keroncong itu Gaul, jangan dikira Keroncong tidak bisa untuk bergoyang. Mari semuanya saya minta berdiri kita bergoyang bersama,” kata Djaduk mengajak penonton untuk bergoyang.

Lagu Omdo (Omong Doang) dipasang untuk nomor berikutnya. Lagu ini merupakan sindiran bagi pemerintah yang hanya berjanji, namun jarang menepati. Suasana menjadi semakin meriah saat Sinten Remen membawakan lagu Hitam Manis, penonton bergoyang dan bernyanyi bersama.

“Salam Keroncong,” kata Djaduk sesaat sebelum melantunkan lagu terakhir mereka. Sebuah lagu manis All Night Long dibawakan sebagai penutup sajian mereka.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge