0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BLH Siapkan Tim Penganan Limbah PT SSA

Warga Gedangan Menunjukkan sampel air limbah milik PT Sumber Sandang Artoguna (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Badan Lingkungan Hidup (BLH) sudah menyiapkan tim penanganan limbah di PT Sumber Sandang Artoguna (SAA). Namun tim ini belum bisa melaksanakan tugasnya jika saluran limbah masih ditutup warga.

“Kami sudah siapkan tim hanya tinggal menunggu kesepakatan warga, dan saya mohon kepada pak camat juga ikut menengahi, karena untuk penganan limbah ini memang harus diujicoba dialirkan,” kata Kepala BLH Sukoharjo, Suraji, Minggu (15/5).

Penanganan limbah PT Sumber Sandang Artoguna ini harus melalui ujicoba (trial) pembuangan ke saluran air. Pasalnya, pabrik konveksi ini sudah membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan harus diujicoba untuk mengetahui kadar pencemaran yang diakibatkan.

Sementara itu, warga Desa Gedangan menyatakan tidak akan membuka blokade saluran limbah PT Sumber Sandang Artoguna jika tetap membuang limbah ke sungai. Pasalnya selama belasan tahun pabrik konveksi dan makanan olahan ini selalu membuang limbahnya ke saungai dan merugikan warga.

“Dampaknya luar biasa, sampai air sumur kami di sekitar sungai yang digunakan pabrik itu membuang limbah tercemar dan tidak bisa digunakan. Terpaksa warga harus membeli air isi ulang dan beberapa kali membuat kesepakatan mereka yang selalu mengingkari,” tandas warga, Agus Priyatno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge