0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

NTT Beri Nama 10 Pulau Tak Berpenghuni

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Antisipasi pencaplokan oleh pihak luar, sedikitnya sepuluh pulau tak berpenghuni di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (14/5), diberi nama dan dibakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang dipimpin langsung oleh gubernur Frans Lebu Raya.

Pembakuan serta pemberian nama pulau-pulau ini dilakukan secara serentak di Pulau Usu yang terletak di Kabupaten Rote Ndao, daerah paling terdepan NKRI dengan negara Australia. Pemberian nama dan pembakuan pulau, ditandai dengan penandatangan prasasti.

Tiga dari pulau yang diresmikan tersebut, tujuh pulau ada di wilayah Kabupaten Rote Ndao, dan tiga pulau berada di daerah lain di wilayah NTT yakni, pulau Nusa Dua, Nusa Tiga, dan pulau Singo Edan yang berada di Kabupaten Manggarai Barat.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengatakan, pemberian nama pulau ini mempunyai makna yang besar, karena menunjukkan bahwa pulau-pulau itu milik Indonesia.

“Tapi inti dari kehadiran seluruh Forkompimda dan memberikan pembakuan nama pulau, itu adalah negara hadir di pulau ini, dan menyatakan kepada semua orang di dunia bahwa inilah wilayah Indonesia, yang ada di Nusa Tenggara Timur,” katanya.

Ia menambahkan, dunia perlu tahu bahwa saat ini sudah ada sepuluh pulau di NTT yang sudah dikukuhkan namanya dan tidak boleh ada lagi negara lain yang mengklaimnya.

“Nah demikian juga dengan kegiatan ini, Saya berharap nanti para bupati se-Nusa Tenggara Timur yang juga punya pulau-pulau yang belum punya nama, bisa berinisiatif bersama untuk kita memberikan pembakuan,” tegas Frans Lebu Raya.

Dari sepuluh pulau yang dikukuhkan, terdapat satu pulau yang berpenghuni, yakni pulau Usu di Rote Ndao, dengan jumlah penduduknya mencapai 800 jiwa. Pemberian nama serta pembekuan Sepuluh pulau ini, dalam waktu dekat pemerintah setempat akan menyampaikan kepada pemerintah pusat, agar segera didaftarkan di PBB sebagai bagian dari NKRI.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge