0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tokoh Besar Dunia Wayang Orang Tutup Usia

timlo.net/heru murdhani
Suasana Rumah Duka (timlo.net/heru murdhani)

Solo – Kota Solo kehilangan tokoh besar di dunia seni wayang orang. Yohana “Darsi” Pudyorini atau lebih dikenal Bu Darsi yang kerap memerankan tokoh dunia wayang Pergiwa menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (15/5) pukul 03.00 dini hari tadi.

Nama besar Bu Darsi tidak diragukan dalam dunia seni yang moncer di tahun ’60-an tersebut. Selain mementaskan tokoh pasangan Gatotkaca di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Bu Darsi juga sering wira-wiri keberbagai daerah di Indonesia dengan memantaskan tokoh idolanya itu.

Saking terkenalnya, Bu Darsi dijadikan sebagai model untuk patung Pergiwa yang saat ini berada di bagian depan Joglo Sriwedari. Dengan berdiri diatas paha Gatotkaca, Pergiwa seakan mampu merebut hati dan menjadi pujaan Ksatria Pringgodani itu.

“Banyak orang bilang, ibu sangat cocok memerankan tokoh Pergiwa. Jadi, pada waktu itu, ibu dijadikan sebagai model contoh tokoh patung Pergiwa yang saat ini berada di Kawasan Sriwedari,” terang putri sulung, Rusini (67).

Kiprahnya d idunia seni, membawa Bu Darsi dengan pasangan hidupnya yang tak lain adalah lawan main dalam tiap pementasan yakni Roesman Harjowibagso. Roesman, yang kerapkali memerankan tokoh Gatotkaca dan juga menjadi model patung pasangan Pergiwa di Joglo Sriwedari ini menghembuskan nafas terakhir ditahun 1990. Keduanya, telah membawa nama besar Wayang Orang Sriwedari keberbagai kawasan di Indonesia bahkan mancanegara.

Rencananya, jenazah akan diberangkan dari rumah duka di Jalan Mawar, Kalitan, Laweyan Solo dan dimakamkan di Pemakaman Praci Maloyo sekitar pukul 15.00 nanti.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge