0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelas Inspirasi Pamerkan Foto

Sejumlah pengunjung menyaksikan ajang pameran foto dan video Kelas Inspirasi Klaten. (foto: Aditya)

Klaten – Kelas Inspirasi Klaten (KIK) menggelar pameran foto dan video, Jumat – Minggu (13-15/5) di lantai 3 Plaza Matahari Klaten. Pameran dokumentasi tersebut merupakan buah refleksi dari relawan yang bergerak di bidang pendidikan ini saat mengajar di lereng Gunung Merapi 22 Februari 2016 lalu.

“Ini hasil karya relawan dokumentator yang mengabadikan kegiatan KIK saat mengajar di sembilan SD Negeri yang tersebar di Kecamatan Kemalang dan Manisrenggo,” ujar relawan KIK, Titis Sensusiana (28), Sabtu (14/5).

Menerjunkan sekitar 120 relawan yang terdiri dari berbagai profesi, para inspirator itu membagikan pengalamannya di SDN Talun 1, SDN Talun 2, SDN Kebonalas, SDN Barukan, SDN Bawukan, SDN Sapen, SDN Ngemplak Seneng, SDN Sukorini, dan SD Keputran. Mereka ingin mendorong para pelajar SDN asal lereng Merapi itu untuk terus bermimpi.

“Kemarin ada banyak cerita, salah satunya soal cita-cita. Saat ditanya besok gede mau jadi apa? sebagian besar jawaban anak-anak jadi penambang pasir atau sopir truk sajalah. Sudah cepat dapat duitnya, enggak perlu muluk – muluk sekolah sampai tinggi,” ujar Titis.

Bukannya bermaksud memandang sebelah mata pekerjaan penambangan pasir, menurut dia, cita-cita anak-anak tersebut merupakan kepolosan dari apa yang mereka lihat di lingkungan setempatnya.

“Mereka masih kurang motivasinya. Setelah kita datang, mereka berani bicara yang sebelumnya pendiam, dan bisa menemukan cita-cita lain. Ini loh jadi dokter lebih keren, jadi penulis lebih keren, polisi, pemadam kebakaran, atau pekerjaan di bidang lainnya. Maka sesuai tema pameran ini, ‘Kami Anak Lereng Merapi Punya Mimpi’ diharapkan mereka juga bisa lebih bermimpi,” ucap relawan KIK yang berprofesi sebagai Dosen di Stikes Duta Gama Klaten tersebut.

Ditambahkan, pihaknya membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan KIK. Sebab dari ratusan relawan yang mengajar di lereng Merapi itu sebagian berasal dari luar kota Klaten.

“Hanya sepertiga yang berasal dari Klaten. Kami membuka rekruitmen untuk pelaksanaan KIK 2017. Karena gerakan peduli pendidikan ini bersifat sukarela dengan tujuan utama mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendorong anak-anak Indonesia lebih percaya diri dalam meraih cita-cita,” tambah dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge