0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bagus Mandoro dan Roro Manis Laksmi ’Mantenan’

timlo.net/nanang rahadian
Manten tebu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Prosesi Temu manten tebu menandai dimulainya penggilingan tebu untuk produksi gula di pabrik gula (PG) Tasikmadu, Jumat (13/5). Prosesi tersebut menjadi salah satu tradisi budaya yang banyak diminati wisatawan tiap tahunnya.

Bunyi gamelan mengiringi arak-arakan dua pengantin tebu menuju mesin giling tebu. Pengantin tebu yang dimaksud adalah tebu yang dianggap laki-laki dan perempuan. Saat diarak keliling pabrik, tebu dibawa oleh pasangan pemuda yang berpenampilan seperti pengantin. Tebu tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggiling.

Tebu yang dijadikan temanten tersebut diambil dari lokasi berbeda. Tebu yang diberi nama Bagus Mandoro diambil dari perkebunan tebu di Desa Suruh, Tasikmadu. Sedangkan tebu Roro Manis Laksmi diambil dari kebun tebu Desa Jati, Kecamatan Jaten.

Administratur PG Tasikmadu Agung Tri Nugroho mengatakan, upacara Temu Manten tebu merupakan tradisi budaya yang digelar setiap akan memproduksi gula. Biasanya, bersamaan dengan itu dibuka pasar malam di sekeliling PG Tasikmadu yang dikenal Cembrengan. Adapun sepasang pengantin tebu merupakan simbol bersatunya petani tebu dan pihak pabrik.

”Kami berharap proses gilingan berjalan lancar dan dapat menghasilkan rendemen gula yang melimpah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan pabrik dan warga sekitar lingkungan pabrik,” jelas Agung.

Ditambahkan Agung, tahun ini PG Tasikmadu akan memproduksi 3,5 juta kuintal gula dengan sasaran rendemen delapan persen. Pihaknya mulai membenahi manajemen dalam menyerap tebu dari petani. Di mana tebu yang masuk harus benar-benar berkualitas.

”Tidak boleh ada tebu pucukan, tidak boleh tebu rebung (Muda – red), dan tidak boleh kotoran. Kami memilih tebu yang benar-benar tua untuk menjaga kualitas. Karena rendemen tahun ini ditingkatkan dari tahun lalu yang hanya tujuh persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge