0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Daeng Soetigna

Dok: Timlo.net/ Google.
Doodle ulang tahun Daeng Soetigna. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Google hari ini menampilkan doodle seorang pria sedang mengajarkan alat musik angklung kepada dua muridnya. Pria dalam doodle itu tidak lain adalah Daeng Soetigna. Jumat (13/5) ini merupakan hari lahirnya yang ke-108. Daeng Soetigna sendiri meninggal pada 8 April 1984.

Lalu siapakah Daeng sehingga hari ulang tahunnya dirayakan Google? Jawabannya adalah karena pria itu adalah pencipta angklung diatonis. Pria kelahiran Garut itu merupakan sosok terhormat di kalangan musisi tanah air. Selama hidupnya, Daeng kerap menggelar pentas orkes angklung di seluruh wilayah Indonesia. Alat angklung diatonis ciptaanya mendongkrak tradisi karena mampu memainkan musik-musik internasional.

Daeng sendiri memulai karirnya sebagai guru kesenian pada 1928. Saat Jepang datang ke Indonesia pada 1942, dia ditunjuk sebagai Kepala Sekolah HIS (namanya kemudian dirubah menjadi Sekolah Rakyat).

Pada 1950, dia mendirikan sekolah sendiri. Pria ini pernah sekolah keguruan di Australia. Saat pulang dia ditunjuk sebagai konsultan pendidik untuk pemerintah. Walaupun memiliki jabatan tinggi, Daeng tidak sungkan mengajarkan angklung pada sekelompok murid sekolah dasar.

Perjuangannya untuk mengangkat derajat musik angklung membuat namanya dikenal saat ini. Google pun menghormati perjuangan Daeng dengan membuat doodle di hari ulang tahunnya ini.

Sumber: Wikipedia

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge