0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: SSA Mestinya Jam 6 Pagi Hingga 6 Petang

dok.timlo.net/achmad khalik
Jalan Dr Radjiman, depan Pasar Kabangan, Laweyan, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Pencabutan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) selama 24 jam di tiga ruas jalan, yakni Jl Dr Radjiman, Jl Perintis Kemerdekaan, dan Jl Agus Salim dinilai kalangan legislatif kurang maksimal. Mereka berpendapat, pemberlakuan SSA di tiga ruas jalan tersebut cukup 12 jam.

“Kalau ini kan jam 06.00 pagi sampai 22.00 malam, ya sama saja tetap mematikan ekonomi warga di kawasan terdampak SSA. Kalau SSA diterapkan 12 jam mulai pukul 06.00 pagi sampai 18.00 petang, pedagang kuliner dikawasan itu masih kebagian rejeki,” terang Ketua Fraksi PAN DPRD Solo, Muhammad Al Amin, Jumat (13/5).

Dikatakan, sejak pemberlakuan SSA di tiga ruas jalan tersebut, masyarakat banyak yang mengeluh. Yang paling parah adalah warga yang tinggal di kawasan Jalan Rajiman dan Jalan Samanhudi. Di Jalan Radjiman, kata Amin, banyak warga yang mengeluh terkait laju kendaraan yang ugal-ugalan ketika melintas di jalan tersebut. Sedangkan, untuk kawasan Jalan Samanhudi, lalu lintas menjadi padat lantaran beban jalan tak sebanding dengan kendaraan yang melintas.

“Banyak sekali permasalahannya setelah penerapan SSA ini,” terangnya

Sementara itu, anggota DPRD dari Partai Demokrat, Reny Widyawati berpendapat, seharusnya Pemkot, dalam hal ini Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) tidak melakukan pencabutan kebijakan yang setengah-setengah.

Menurutnya, kawasan SSA di tiga ruas jalan tersebut pada pukul 18.00 petang sudah mulai berkurang intensitas pengguna kendaraan. Berbeda dengan jam-jam sibuk antara pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Artinya, Dishubkominfo seharusnya memberlakukan SSA di tiga ruas jalan tersebut  mulai pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB.

“Kalau seperti ini ya setengah-setengah. Kurang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge