0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persyaratan Lelang di ULP Terlalu Rumit

Leo Edi Kusumo (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Kegagalan lelang beberapa proyek di 2015, diduga salah satunya penyebabnya adalah persyaratan lelang yang terlalu rumit di ULP (Unit Lelang Pengadaan). Oleh karena itu harus ada penyederhanaan persyaratan lelang agar proses bisa segera selesai dan tidak memperlambat pengerjaan.

”Ada manajemen waktu yang salah dalam proses penggarapan proyek fisik pemerintah, paling tidak yang mengakibatkan tertundanya tiga proyek pembangunan Puskesmas tahun 2015. Karena itulah harus ada perbaikan baik di PPKom maupun di ULP agar proyek bisa segera dikerjakan,” kata Ketua Komisi C DPRD Karanganyar, Leo Edi Kusumo, Kamis (12/6).

Menurut Leo, harus ada penyederhanaan prosedur dalam proses lelang di ULP. Karena kuncinya ada di ULP. Jika di instansi itu bisa dipercepat, sebetulnya pengerjaan proyek bisa lebih cepat.

Sementara itu, Ketua ULP Ali Gufron membantah instansinya yang menghambat proses lelang. Yang terjadi di 2015, proses lelang tidak bisa dilakukan karena pihaknya memang tidak menerima berkas lelang dari PPKom (Pejabat Pembuat Komitmen). Karena tidak ada berkas yang masuk, maka pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk melelangkan proyek tiga Puskesmas itu.

“Kalau berkas masuk ke kami, dan persyaratannya sudah lengkap, kami jamin dalam dua hari sudah selesai diproses dan dalam 21 hari lelang sudah selesai dan ada penetapan pemenang lelang. Sebab semuanya sudah ada sistemnya,” kata dia.

Karena itu kunci utama ada pengguna anggaran, pada PPKom yang memproses awal semua persyaratan sebelum lelang. Jika semua selesai, dengan cepat sebuah proyek akan bisa dikerjakan sesuai dengan waktunya.

Sementara soal persyaratan lelang, semuanya sudah ditentukan perundang-undangan sehingga tidak bisa begitu saja dipermudah. Semua sudah ada aturannya dan harus ditaati semuanya oleh pngguna anggaran maupun rekanan penggarap proyek.

”Pada kasus tiga Puskesmas itu, berkas masuk tiga bulan sebelum tutup anggaran. Karena waktu pengerjaan 6 bulan, maka tidak mungkin dilakukan lelang. Akhirnya proyek ditunda dan baru sekarang ini semua mulai dikerjakan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge