0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komisi C : Pembangunan Puskesmas Jatipuro Harus Diawasi Ketat

timlo.net/nanang rahadian
Leo Edi Kusumo (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar meminta pemkab memantau ketat proses pekerjaan proyek rehabilitasi Puskesmas Jatipuro. Selain itu, pemkab juga diminta untuk tidak segan memberikan sangsi kepada rekanan yang ndablek.

”Pengawas dari DPU harus lebih intensif dalam hal pengawasan kegiatan tersebut. Artinya progres pekerjaan harus sesuai dengan skedule yang ditetapkan,” jelas Ketua Komisi C Leo Edi Kusumo, Kamis (13/5),

Selain itu, rekanan pelaksana proyek juga harus tepat waktu. Dia meminta pemkab untuk tidak segan memberikan sangsi kepada rekanan yang ndablek.

”Pihak pelaksana harus siap dana untuk mengerjakan, sehingga tidak mengandalkan dana uang muka dari pemerintah. Jadi dalam hal ini harus ada ketegasan dari pemkab. Bila proyek tersebut tidak sesuai dengan progress dan RAB-nya, maka harus berani tegas memutuskan kontrak kerja,” terang Leo.

Selain itu, kualitas hasil akhir pekerjaan juga diutamakan. Pemkab harus belajar dari kasus sebelumnya dimana hasil pekerjaan lebih cepat rusak sebelum massa pemeliharaan habis. Dia mencontohkan seperti halnya hasil proyek perbaikan jalan yang buruk dan cepat rusak.

”Meski dikejar waktu, rekanan tetap harus mengutamakan kualitas pekerjaan. Jangan sampai bangunan yang baru diresmikan cepat rusak,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge