0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pekan Depan, Tersangka Korupsi Dana Purnabakti Disidangkan

merdeka.com
Ilustrasi Korupsi (merdeka.com)

Boyolali — Kasus korupsi dana purnabakti DPRD Boyolali periode 1999-2004, dengan sembilan tersangka, pekan depan, mulai disidangkan di Pengadilan Tipikor, Semarang. Satu dari sembilan tersangka, Y Sriyadi, saat ini masih aktif menjadi anggota DPRD dari Partai Golkar.

“Senin (16/5)depan mulai disidangkan dengan agenda pembacaan dakwaan,” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Boyolali, Agus Robani, Kamis (12/5).

Delapan tersangka lainnya, M Amin Wahyudi, Adha Nur Mujtahid, Sumarsono Hadi, Sururi, Suwardi, Anshor Budiono, Saifudin Aziz, dan Tjipto Haryono, sudah purna tugas dari DPRD. Sementara surat pemberitahuan untuk menjalani persidangan sudah dilayangkan ke sembilan tersangka.

Dalam dakwaannya, menurut Agus, JPU pada Kejaksaan Negeri Boyolali, menjerat Sriyadi dan para tersangka dengan pasal berlapis. Antara lain Pasal 2 ayat (1) junto Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor junto UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Atau pasal subsider, Pasal 3 UU Tipikor. Ancaman hukumannya 4 hingga 20 tahun penjara.

“Mereka saat itu menjabat sebagai Panitia Anggaran, jadi mempunyai peran besar dalam penetapan dana purnabakti,” tambahnya.

Terpisah, Sriyadi saat dikonfirmasi menyatakan siap mengikuti proses hukum di pengadilan. Sejak 2007 lalu, ia juga telah mengembalikan uang yang ia terima sebesar Rp 50 juta, dengan cara mengangsur.

“Saya kembalikan ke negara melalui Sekwan dengan cara mengangsur, dan sekarang sudah selesai,” ungkapnya.

Selain sembilan tersangka, saat ini masih ada empat anggota DPRD periode 1999-2004 yang juga terjerat kasus dugaan korupsi dana purnabakti. Mereka adalah, Probo Suhartono, Isa Ansori, Syaifudin dan Fathoni. Keempatnya saat itu sebagai pansus.

“Kita sedang menyelesaikan berkas perkaranya,” tandas Agus.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge