0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UMS Demo Peringati Tragedi 1998

Aksi unjuk rasa mahasiswa di Simpang Tiga UMS (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (12/5). Mereka menuntut penuntasan kasus korupsi dan pelanggaran HAM berat selama masa Orde Baru.

“Aksi ini untuk mengingatkan bahwa reformasi belum tuntas masih banyak pelanggaran HAM berat terhadap mahasiswa dan aktifis yang belum diselesaikan. Kita buka kembali rekam memori tentang reformasi 1998,” kata Korlap aksi, Adhiya Yoga Pratama.

Dalam aksi kali ini, para mahasiswa juga menuntut penguatan independensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, mereka meminta adanya pemotongan akses politik dari penegak hukum yang terbukti korup.

Aksi yang digelar di tengah simpang tiga Jalan Ahmad Yani depan Kampus UMS ini berjalan lancar denga kawalan aparat kepolisian. Dengan membawa sejumlah poster dan pamflet yang diberikan ke pengguna jalan, mereka menyatakan aksi ini sebagai langkah awal untuk agenda aksi berikutnya yang lebih besar.

“Ini baru permulaan, akan kita siapkan agenda lebih besar dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak, kami targetkan sedikitnya 500 peserta menggelar aksi yang sama di Gladag, Solo,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge