0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menara Masjid Al Aqsha Dipangkas, Dewan Kecewa

dok..timlo.net/aditya wijaya
Menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten (dok..timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto mengaku kecewa berat terhadap proyek pembangunan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten. Pasalnya, menara yang digadang-gadang sebagai ‘Monas-nya’ Klaten itu mengalami perubahan desain.
“Dewan kecewa. Karena itu tidak sesuai perencanaan awal yang disampaikan di eksekutif (DPU ESDM),” kata Agus Riyanto, Kamis (12/5).
Diungkapkan, beberapa hari lalu, dirinya bersama Bupati Klaten Sri Hartini meninjau pembangunan masjid yang berdiri di atas lahan bekas terminal induk dan SMA Negeri 3 Klaten itu. Pasalnya, pada 6 Juni mendatang direncanakan tarawih keliling (Tarling) perdana Pemkab Klaten akan berlangsung di Masjid Agung Al Aqsha.
“Bersama Bu Bupati mengecek kalau Tarling perdana, masjid (Al Aqsha) harus sudah siap digunakan. Ternyata anggaran Rp 11,2 miliar (menara masjid) cuma jadi seperti itu. Padahal menara itu katanya menjadi gardu pandang kayak Monasnya Klaten. Maka (Rp 11,2 miliar)  ya kami setujui. Selain mendukung kegiatan masjid, juga jadi ikon wisata,” ungkap dia.
Meski secara aturan dimungkinkan adanya redesain, namun menurut Agus, perubahan tersebut tidak pernah disampaikan ke DPRD. Ia khawatir, permasalahan itu bakal berujung seperti kompleks olahraga Hambalang yang mangkrak selama empat tahun.
“Memang sudah disampaikan, tapi kalau enggak ditanyakan ya enggak akan disampaikan. Prinsipnya Dewan kecewa. Jangan sampai jadi seperti Hambalang,” tandas dia saat ditemui di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) di Pendopo Pemkab Klaten.
Untuk diketahui, pembangunan menara masjid tahap IV senilai Rp 11,2 miliar yang direncanakan rampung 30 Desember 2015 setinggi 66,66 meter ini bakal dilengkapi gardu pandang pada ketinggian 45 meter. Tapi berjalannya waktu, ketinggian gardu pandang hanya 35 meter.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge