0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gajah Mati, Kebun Binatang Dinilai Tidak Profesional

merdeka.com
Kebun Binatang Bandung (merdeka.com)

Timlo.net – Kebun Binatang Bandung yang dikelola Yayasan Margasatwa Tamansari dinilai tidak profesional. Terbukti ketika salah satu satwanya, Gajah Sumatera bernama Yani, mati, lantaran tidak terurus.

Yani mati Rabu (11/5) petang usai selama sepekan terkulai lemas di atas jerami yang hanya ditutup terpal. Gajah Sumatera itu sejak sakit tidak ada dokter yang menangani.

“Ini tidak profesional pengelola sangat tertutup,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jabar, Sylvana Ratna, Kamis (12/5).

Ketidakprofesionalan itu jelas terlihat ketika selama satu tahun lamanya, Kebun Binatang Bandung tidak memiliki dokter tetap. Artinya kesehatan hewan tidak diperhatikan.

“Kewajiban itu harusnya menyediakan dokter hewan. Sudah setahun enggak ada,” terangnya.

Yani yang mati di usia 34 tahun ini tengah diambil tindakan autopsi oleh tim dokter gabungan di antaranya dari Taman Safari, Dinkes Jabar, dan Balai Veteriner Subang.

Selama autopsi kawasan Kebun Binatang Bandung steril dari pengunjung dan wartawan. Papan pengumuman ditutup sementara juga dipampang lewat selebaran kertas yang ditempel di setiap gerbangnya.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge