0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ikut UN, Siswa Tetap Bisa Lulus, Tapi…

Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SMP Dinas Dikpora Kota Solo, Waliyono (dok.timlo.net)

Solo — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan, siswa SMP yang tidak mengikuti ujian nasional (UN), bisa tetap bisa dinyatakan lulus. Karena kelulusan siswa SMP tidak ditentukan oleh UN, melainkan kebijakan masing-masing sekolah.

“Dengan kata lain, tanpa ikut UN, siswa tetap bisa lulus. Tetapi mereka tidak bisa melanjutkan sekolah yang di atasnya,” jelas Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta, Waliyono kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (12/5).

Waliyono mengatakan, kebijakan masing-masing sekolah yang dimaksud adalah hasil rapat Dewan Guru. Kalau hasil rapat memutuskan seseorang siswa dinyatakan lulus, maka dengan sendirinya siswa bersangkutan lulus.

Sementara itu, berdasarkan data yang masuk, menurut Waliyono, tercatat ada sebanyak 23 siswa peserta UN SMP yang absen atau tidak hadir. Ketidakhadirannya dengan berbagai alasan, seperti sakit hingga mengundurkan diri.

“Sedangkan untuk UN berbasis komputer jenjang SMP belum diketahui berapa siswa yang absen tidak mengikuti UN,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge