0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Tidak Lagi Terfokus Jawa

timlo.net/eko prasetyo
Deputi IV Komunikasi Politik dam Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Sekarang ini pemerintah memberikan perhatian besar terhadap pembangunan di luar Jawa. Terutama daerah-daerah terluar, pinggiran, desa dan daerah terpencil. Disamping itu, pemerintah akan melayani seluruh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

“Artinya pemerintah tidak lagi terfokus Jawa,” ungkap Deputi IV Komunikasi Politik dam Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo kepada Timlo.net, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Kentingan, Solo, Rabu (11/5).

Oleh karena itu, kata Eko, presiden kemana-mana selalu menyampaikan pesan Indonesia sentries. Sehingga sekarang pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi dan sebagainya menyebar kemana-mana.

“Itulah yang dimaksud Indonesia sentries, tidak berbasis pada Jawa saja,” tandasnya.

Hal itu supaya, kata Eko, tidak terjadi ketimpangan atau ketidakpuasan maupun tidak terjadi kemiskinan di daerah-daerah. Artinya dengan membangun daerah-daerah terluar dengan konsep Indonesia sentries, ibaratnya presiden Jokowi sedang menjahit kembali ke Indonesiaan yang telah robek di sana-sini.

Eko yang mantan Ketua KPU Kota Solo mencontohkan, proporsi investasi di Jawa sekarang ini terkurangi. Sedang investasi di luar Jawa belakangan ini meningkat terus. Begitu pula soal penyerapan tenaga kerja di luar Jawa meningkat.

“Artinya pembangunan di luar Jawa telah menggerakkan investasi. Ketika investasi masuk maka akan memunculkan pusat ekonomi baru,” jelasnya.

Ia juga mencontohkan adanya tol laut. Harapannya dengan adanya muncul pusat ekonomi baru, maka tol bisa berjalan manakali mengirim barang dari Jawa ke luar Jawa, pulangnya juga musti membawa barang ke Jawa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge