0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPTK Masih Banyak di Bawah Standar

timlo.net/eko prasetyo
Prof Intan Ahmad PhD (timlo.net/eko prasetyo)

Sukoharjo – Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof Intan Ahmad PhD menyatakan, hingga saat ini masih banyak Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di bawah standar. Artinya LPTK tersebut berakreditasi C.

“Umumnya LPTK yang berakreditasi C ini perlu kita perbaiki agar bisa meningkat menjadi B atau A,” ujar Prof Intan saat bertemu Timlo.net seusai Seminar The First International Conference On Child-Friendly Education, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan Kartasura, Sukoharjo, Rabu (11/5).

Intan mengatakan, keberadaan LPTK sekarang ini desparitas sekali. Ada yang baik, memang baik sekali. Tetapi ada pula yang masih banyak berada d ibawah standar. Namun demikian, yang masih berada dibawah standar, perlu adanya perbaikan.

Terkait itu, Intan mengungkapkan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memiliki program untuk merevitalisasi sekitar 46 LPTK. Revitalisasi tersebut menyangkut perbaikan kurikulum, merekrut calon mahasiswa yang baik yang akhirnya menjadi guru, tata kelola di kampus.

“Agar makin banyak Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan kualitasnya bagus. Karena setiap tahun kita memerlukan 40.000 guru baru yang dihasilkan universitas atau LPTK,” jelasnya.

Intinya, lanjut Intan, bagaimana meningkatkan mutu, supaya mereka guru yang pensiun diisi guru yang bermutu. Karena menjadi guru yang baik, perlu waktu. Artinya mereka begitu lulus dari kampus belum tentu bisa menjadi guru yang bermutu.

“Karena dunia nyata itu setelah menghadapi siswa,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge