0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Miskin Cawas Digelontor Dana RTLH Rp 2,4 M

Bupati Klaten Sri Hartini melakukan peletakan batu pertama pemugaran RTLH di Desa Bawak, Kecamatan Cawas (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 2,4 miliar untuk masyarakat miskin Kecamatan Cawas. Bantuan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 itu dialokasikan bagi pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH).

“Tahun ini jumlah bantuan pemugaran RTLH sebanyak Rp 8 miliar untuk seribu unit rumah. Sedangkan sejak 2011 sampai saat ini Pemkab Klaten sudah mengalokasikan anggaran pemugaran RTLH sebanyak 3.500 unit,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Klaten, Herlambang Jaka Santosa, Rabu (11/5).

Dijelaskan, total penyerahan bantuan di Kecamatan Cawas sebanyak Rp 2,416 miliar untuk 301 warga di 18 desa. Sedangkan 1 unit lainnya untuk warga Desa Ringin Putih, Kecamatan Karangdowo.

Sebelum menyerahkan bantuan, secara simbolis Bupati Klaten Sri Hartini melakukan acara peletakan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pemugaran RTLH. Prosesi itu dilakukan di rumah milik Karya Suwito (67), warga Dukuh Karangturi dan Radya Hananto (59), warga Dukuh Krajegan, Desa Bawak, Kecamatan Cawas.

“Program pemugaran RTLH sebenarnya merupakan kebijakan pemerintah yang bersifat stimulan yang mengedepankan kemampuan swadaya masyarakat. Tanpa ada kepedulian masyarakat sekitar, progam ini tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujar Sri Hartini dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Desa Bawak, Ponidi menerangkan, tahun ini ada 30 warga yang menerima bantuan RTLH. Sebelumnya, tahun 2015 ada bantuan pemugaran sebanyak 34 unit dan tahun 2014 sebanyak 17 unit.

“Total keseluruhan yang diterima warga Bawak sebanyak 81 unit. Kondisi saat ini jumlah RTLH yang belum dipihaki masih sebanyak 25 unit yang akan diajukan pada tahun mendatang,” terang Ponidi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge