0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masyarakat Kemalang akan Gelar Memetri Embung

(dok.timlo.net/ist)

Klaten — Masyarakat Desa Talun, Kecamatan Kemalang, Klaten bakal menggelar kegiatan memetri embung, Jumat (13/5) mendatang. Selain mengarak gunungan berisi hasil panen pertanian, sejumlah kelompok kesenian tradisional juga akan memeriahkan acara nguri-nguri waduk mini untuk menampung air hujan itu.

“Memetri embung bertujuan meningkatkan kesadaran warga masyarakat Desa Talun untuk menjaga keberadaan embung Tambaksari yang sangat vital bagi kehidupan warga,” ujar salah seorang panitia penyelenggara, Nanang Jatmiko, Rabu (11/5).

Diterangkan, kegiatan yang akan diadakan pada Jumat pertama di bulan Sya’ban atau 13 Mei 2016 ini dimulai selepas Salat Jumat. Mengambil start dari Dusun Plosokereb, kirab gunungan akan diarak kurang lebih 1.000 meter menuju embung Tambaksari yang terletak di sebelah utara balai Desa┬áTalun.

“Setelah kirab gunungan, prosesi memerti embung dilanjutkan dengan kenduri ratusan warga dengan dipimpin tokoh agama sekitar. Acara dilanjutkan dengan acara larung oleh pemangku adat. Selain itu juga akan dimeriahkan kelompok kesenian ketoprak, jatilan, juga kelompok tani, ibu ibu PKK dan siaga bencana,” terang Nanang.

Terpisah, Camat Kemalang Priharsanto, mendukung upaya yang dilakukan warga Desa Talun untuk menjaga embung. Pasalnya, keberadaan embung di wilayah Kemalang sangat vital karena daerah itu tiap tahunnya selalu mengalami kekeringan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge