0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kemacetan di Purwosari, Dewan : Bangun Fly Over

timlo.net/ichsan rosyid
Parkir on street sisi Selatan jalan di sekitar Stasiun Purwosari mengurangi kapasitas jalan (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Kawasan Purwosari dinilai menjadi simpul kemacetan saat memasuki Kota Solo. Ini dikarenakan, tingginya jadwal kereta api yang melintas dan pertemuan sejumlah titik jalan mengakibatkan kendaraan berjalan lambat untuk menghindari kecelakaan.

“Memang di kawasan tersebut, perlu dilakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi titik simpul kesemrawutan saat memasuki Kota Solo,” terang Anggota Fraksi Partai Demokrat, Reny Widyawati, Selasa (10/5).

Namun, rekayasa lalu lintas dengan penerapan Sistem Satu Arah (SSA) yang akan dilakukan dikawasan tersebut khususnya menyasar pada Bundaran Purwosari hingga Perempatan Gendengan Solo dinilai kurang tepat. Seharusnya, Pemkot Solo sudah mulai melakukan pembangunan jalan layang atau fly over untuk memecah kepadatan di Bundaran Purwosari.

“Seiring tuntutan jaman dengan kepadatan lalu lintas, pembangunan fly over ini sangat dibutuhkan sekali,” terang Reny.

Lebih lanjut, ia menilai Kawasan Purwosari merupakan pintu masuk Kota Solo. Dimana, pintu masuk sebuah kota merupakan cerminan dari kondisi kota tersebut. Jika pintu masuknya saja sudah terkesan kurang nyaman, tentu saja akan berdampak pada kunjungan wisata di Kota Solo. Padahal, Kota Solo menjual sisi pariwisata lantaran tidak memiliki sumber alam yang tersedia layaknya di kabupaten satelit eks Karisidenan Solo.

“Kalau dipintu masuk saja sudah terkesan semrawut, kan juga menimbulkan kesan negatif. Maka dari itu, kawasan Purwosari harus segera memiliki fly over,” tandasnya.

Ia berharap, supaya Pemkot mencermati betul permasalahan lalu lintas yang terjadi saat ini. Jangan hanya menerapkan kebijakan, namun kurang tepat dan justru merugikan masyarakat kecil.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge