0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Parkir On Street di Purwosari Ganggu Lalu Lintas

timlo.net/ichsan rosyid
Parkir on street sisi Utara jalan di sekitar Stasiun Purwosari mengurangi kapasitas jalan (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Lalu lintas di kawasan Purwosari semakin padat sejak diterapkannya Sistem Satu Arah (SSA) tahap pertama. Selain jalan yang menyempit di depan Stasiun Purwosari, semrawutnya lalu lintas di sana diperparah dengan adanya parkir di badan jalan (on street).

“Sangat mengganggu, jalan di sana sudah sempit. Dikurangi untuk parkir semakin sempit lagi,” kata salah satu warga Sondakan, Muhammad Faizal, Selasa (10/5).

Pria yang setiap hari melintas di depan Stasiun Purwosari itu mengaku terganggu dengan adanya parkir on street di kawasan tersebut. Tak jarang, ia memerlukan waktu sekitar lima menit untuk menempuh jalan dari Lingkar Purwosari hingga perempatan Purwosari. Padahal panjang ruas jalan tersebut hanya sekitar 400 meter.

Sementara itu, beberapa juru parkir di kawasan tersebut justru mengaku menggunakan badan jalan untuk lahan parkir berdasarkan arahan dari UPTD Perparkiran Dishubkominfo. Sebelumnya, mereka menggunakan jalur lambat dan city walk sebagai lahan parkir.

“Sekitar pertengahan bulan lalu kita diarahkan untuk pindah ke jalan. Alasannya, jalur lambat dan city walk bukan untuk lahan parkir,” kata salah satu juru parkir di sisi Selatan jalan, Tejo.

Pantauan di lapangan, parkir on street di ruas jalan tersebut berada di sisi Utara dan Selatan jalan. Total lebar jalan di depan Stasiun hanya sekitar 15 meter untuk dua arah. Dikurangi parkir di dua sisi sekitar empat meter, lebar jalan menyusut menjadi hanya 11 meter untuk dua arah. Kondisi lalu lintas sendiri cukup padat pada jam-jam sibuk. Bahkan pada siang hari, antrian kendaraan memanjang dari Perempatan Purwosari hingga perlintasan kereta Purwosari.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge