0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Trend Kasus Bunuh Diri, Bupati Ajak Masyarakat Awasi Lingkungan

timlo.net/tarmuji
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Maraknya kasus bunuh diri yang terjadi di Wonogiri merupakan bentuk fenomena sosial. Bupati Wonogiri Joko Sutopo meminta elemen masyarakat ikut pro aktif mengawasi lingkungan.

“Sehingga ketika ada gejala-gejala sosial segera dapat dikoordinasikan, ” ungkap Bupati Jekek, Selasa (10/5).

Diakuinya, di Wonogiri memang ada semacam fenomena sosial yang terus menerus terjadi. Sehingga perlu adanya peran serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan kepolisian ditengah-tengahnya. Jangan sampai ada lagi anak usia 10 tahun gantung diri.

“Itu merupakan akumulasi atau persoalan. Pasti ada gejala-gejala sebelumnya. Saya berulang kali menyampaikan fungsi tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat penting untuk melakukan pengawasan tersebut,” katanya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan banyaknya kasus bunuh diri. Pertumbuhan modernisasi yang tidak diimbangi kemapanan emosional menjadi salah satu faktornya. Masalah kemiskinan juga dimungkinkan menjadi penyebab seseorang mengalami tekanan mental hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

“Mohon dukungan semua pihak, ke depan program anggaran kami akan diprioritaskan untuk program tepat guna agar angka kemiskinan dapat ditekan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge