0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perampok Spesialis Rumah Kosong Lintas Propinsi Ditangkap

timlo.net/nanang rahadian
pelaku pencurian rumah kosong (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Tiga orang pencuri spesialis rumah kosong dibekuk Satreskrim Polres Karanganyar Jumat, (29/4) lalu. Mereka sudah beraksi di sejumlah lokasi bahkan lintas propinsi.

“Mereka mengincar rumah yang ditinggal pemiliknya dalam keadaan kosong,” kata Kasatreskrim Polres Karanganyar AKP Rohmat Ashari, Selasa (10/5).

Kasatreskrim menguraikan, ketiga tersangka yang berhasil dibekuk adalah Rianto, Supardi, dan Sy alias Carly selaku penadah. Ketiganya warga Kecamatan Karangpandan.

”Setelah memastikan rumah sasaran benar-benar kosong. Mereka masuk dengan cara mencongkel pintu. Mereka kemudian menjarah barang korban mulai dari barang elektronik hingga sepeda motor,” kata AKP Rohmat.

Dalam beraksi, mereka menggunakan sebuah mobil rental untuk membawa kabur barang korban. Sedangkan sepeda motor dicongkel dengan kunci T. Mereka beraksi di sejumlah wilayah, mulai dari Jumantono, Karanganyar, Wonogiri hingga Ngawi, Jawa Timur.

”Dari hasil pengembangan, tersangka berhasil mendapatkan tiga sepeda motor Selain itu, barang berharga lainya berupa TV, VCD, kulkas, kipas angin hingga kotak amal,” terang Rohmat.

Atas perbuatannya, ke tiga tersangka pencurian dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Bagi penadah dijerat Pasal 480 KUHP tentang Penadahan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge