0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN SMA/K Solo Lulus 99,9 Persen

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dikpora Solo, Unggul Sudarmo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo menyatakan, hasil ujian nasional (UN) jenjang SMA/K tahun 2016 kota Solo mencapai angka kelulusan sebesar 99,9 persen. Dengan rincian SMA mencapai kelulusan sebesar 99,97 persen dan SMK mencapai kelulusan sebesar 99,99 persen.

“Ada dua siswa SMA dan satu siswa SMK yang tidak lulus,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora kota Solo, Unggul Sudarmo, Selasa (10/5).

Lebih lanjut Unggul menjelaskan, tiga SMA negeri di Solo menduduki peringkat tiga besar nilai rata-rata tertinggi UN 2016, yaitu SMAN 1, SMAN 4, dan SMAN 3, masing-masing untuk Jurusan IPA maupun Jurusan IPS. Sedangkan untuk SMK, peringkat tiga besar nilai rata-rata tertinggi UN, yaitu SMK Farmasi Nasional, SMK IT Smart Informatika, dan SMK Analis Kesehatan Nasional.

Berdasarkan data, kata Unggul, untuk SMA/MA, dari jumlah peserta yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2016 sebanyak 6.037 orang, tercatat yang mengikuti UN sebanyak 6.036 orang. Sedang untuk jenjang SMK, menurut Unggul, yang terdaftar sebagai peserta UN 2016 tercatat 7.237 orang, dan yang mengikuti ujian sebanyak 7.229 orang.

Unggul mengatakan, keputusan meluluskan siswa menjadi kewenangan sekolah, yang diambil melalui rapat Dewan Guru. Saat ini nilai UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, melainkan menjadi bagian dari komponen penilaian terhadap kelulusan siswa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge