0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Eksekusi Mati, Brimob Siapkan Regu Penembak

Timlo.net - Nanin
Personel Brimob siap siaga (Timlo.net - Nanin)

Timlo.net – Sebanyak 150 personel Brimob dipersiapkan menjadi eksekutor 15 terpidana mati narkoba jilid III. Lokasi eksekusi sendiri dilakukan di lapas Nusakambangan.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes A Liliek Darmanto mengatakan permintaan penambahan personel datang dari Kejaksaan dimana eksekusi dijadwalkan pada pertengahan bulan Mei.

“Kalau kemarin saya sampaikan 13 terpidana mati yang akan dieksekusi, sekarang sudah bertambah menjadi 15 terpidana mati. Itu informasi terbaru dari kejaksaan yang diterima Brimob. Jadi eksekutornya 150 penembak,” ujar Liliek, Selasa (10/5).

“Kalau ada perubahan lagi, nanti 5 menit sebelum eksekusi. Informasi yang terbaru itu, 15 (terpidana mati) yang akan dieksekusi,” tuturnya.

Selain 150 eksekutor, lanjut Liliek, juga telah disiapkan petugas lain dari Brimob yang bertugas untuk memegang atau mengoperasikan senter.

“Untuk menyenteri sasaran tembak (jantung). Karena eksekusi dilakukan dalam kondisi dan di tempat yang gelap gulita. Sehingga sang eksekutor tidak diketahui secara langsung oleh terpidana mati maupun sebaliknya,” katanya.

Liliek menambahkan, Polda Jateng juga telah mengirim tim dokter dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) untuk keperluan eksekusi ini.

“Dokter inilah yang memastikan terpidana sudah benar-benar tewas sebelum diproses lebih lanjut. Kalau pelaksanaannya belum ada tanggal pastinya. Dimungkinkan pertengahan Mei ini dilaksanakan,” jelas Liliek.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge