0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunakan Augmented Reality (AR), Disney Buat Buku Mewarnai Jadi Hidup

Dok: Timlo.net/ The Verge.
Fitur "live texturing" dalam buku mewarnai. (Dok: Timlo.net/ The Verge. )

Timlo.net—Tim Disney Research mengembangkan teknologi yang memancarkan karakter dalam buku mewarnai ke dalam bentuk 3D saat diwarnai. Proses ini dijelaskan dalam sebuah tulisan berjudul “Live Texturing of Augmented Reality Characters from Colored Drawings,” dan dipresentasikan dalam “the IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality” yang digelar pada 29 September 2015.

Dengan teknologi live texturing, pengguna bisa melihat karakter yang mereka warnai berubah menjadi hidup dalam wujud 3D.

Augmented reality (AR) digunakan untuk menjembatani antara kertas biasa dan karakter animasi. Hal ini pernah digunakan sebelumnya. Produk serup ayang paling dikenal adalah produk Color Alive, kolaborasi antara pengembang AR DAQRI dan Crayola.

Tapi produk Color Alive tidak bisa menawarkan kemampuan mewarnai dan penggunaan AR secara simultan. Anda harus menyelesaikan pewarnaan halaman terlebih dulu sebelum menghasilkan karakter 3D menggunakan aplikasi yang disediakan.

Jika teknologi Disney berhasil diadaptasi untuk produk komersial, maka teknologi ini akan menjadi sebuah langkah maju untuk teknologi buku mewarnai. Tentunya untuk saat ini masih terlalu awal untuk berharap teknologi ini muncul di buku mewarnai yang digunakan anak Anda. Teknologi live texturing masih bayi sehingga belum ada buku yang memakai teknologi ini.

Sumber: The Verge

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge