0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasca Kelulusan SMA/SMK

Dinsosnakertrans Klaten Diserbu Pencari Kartu Kuning

dok.timlo.net/aditya wijaya
Pelamar kerja mengajukan permohonan kartu kuning di Dinsosnakertrans Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Klaten mulai diserbu para pencari kerja pemula. Hal itu menyusul pasca pengumuman kelulusan ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat, Sabtu (7/5) lalu.

“Baru pertama kali datang ke sini untuk mencari kartu kuning sebagai syarat melamar kerja di PT Royal yang ada di Tangerang,” ujar Nina Nurjanah (19), warga Dukuh Tempel, Desa Ngalas Jragung, Kecamatan Klaten Selatan, Selasa (10/5).

Berbekal transkrip keterangan lulus, lulusan SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara jurusan Administrasi Perkantoran itu hendak mencari surat Angkatan Kerja 1 (AK1) atau sering disebut kartu kuning.

Tujuan serupa juga disampaikan Ria Subekti (18), warga Dukuh Kijilan, Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo. Siswa yang baru lulus dari SMKN 3 Klaten itu mencari kartu kuning untuk melamar kerja di Boyolali.

“Saya jurusan Tata Busana. Kan ada lowongan kerja hasil kerjasama antara sekolahan dan perusahaan garmen di Boyolali. Lalu datang kesini bawa surat keterangan lulus, KTP dan foto,” kata Ria.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Klaten, Heru Wijoyo mengungkapkan, jumlah pencari kerja pemula pasca pengumuman UN belum mengalami peningkatan. Hal itu berbanding terbalik dari tahun sebelumnya. Sementara rata-rata pengajuan kartu kuning setiap harinya 40-50 orang.

“Memang sudah ada beberapa pelajar terutama dari SMK yang mengajukan AK1, tapi enggak signifikan dibandingkan tahun lalu. Justru malah ramainya kemarin setelah ujian, tapi karena belum pegang surat keterangan lulus, ya setiap harinya ada sekitar 20 orang yang kami tolak. Namun setelah pengumuman (ada surat keterangan lulus), ya silakan datang saja akan kami buatkan (kartu kuning),” ungkapnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge