0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Praktek Komunitas

Mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 100 mahasiswa D-III Keperawatan semester VI STIKES PKU Muhammadiyah Solo melaksanakan praktek Komunitas di Kalurahan Belagung, Kecamatan Simo, Boyolali.  Praktek keperawatan komunitas berlangsung selama sebulan, mulai tanggal 1 hingga 30 Mei 2016.

“Praktek ini pada khususnya di wilayah Kelurahan Blagung yang merupakan bentuk aplikasi praktek perawatan kesehatan masyarakat dan jiwa,” jelas Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti kepada wartawan, Selasa (10/5).

Tujuan praktek ini, kata Weni, untuk menerapkan ilmu keperawatan keluarga, masyarakat dan keperawatan jiwa dengan melakukan musyawarah masyarakat desa melalui pendekatan tokoh masyarakat, kader, dan warga. Tahap berikutnya melakukan survei mawas diri dengan pendataan di masyarakat melalui proses menggali data oleh mahasiswa. Pendataan yang telah didapatkan dilakukan tabulasi serta merumuskan masalah masalah kesehatan yang ada kemudian mengatasinya bersama masyarakat di kelurahan tersebut.

Kegiatan ini, menurut Weni, banyak menekankan kepada promosi, yaitu meningkatkan status kesehatan masyarakat dan preventif lebih ke arah pencegahan terhadap masalah kesehatan. Masyarakat diharapkan akan mampu secara mandiri melakukan hal tersebut sehingga status kesehatan akan meningkat dengan sendirinya apabila perilaku hidup bersih dan sehat bisa diterapkan dengan baik di dalam kehidupan sehari hari. Kegiatan ini rencana akan berkesinambungan dan berlanjut ke wilayah sekitanya untuk program tahun berikutnya.

“Praktek komunitas ini menjadikan mahasiswa kami lebih  terasah kemampuan akademik dan soft skillnya dengan mempelajari secara langsung dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Area lampiran

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge