0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

World Islamic Economic Forum Akan Digelar di Indonesia

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 akan digelar di Indonesia. Even ini diselenggarakan pada Agustus mendatang dengan mengusung tema Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan.

Chairman WIEF Foundation, Yang Terhormat Tun Musa Hitam, mengatakan desentralisasi pertumbuhan dapat dicapai dengan memberdayakan UMKM. Caranya dengan meningkatkan dan memperluas keikutsertaan mereka dalam perekonomian guna mencapai pembangunan ekonomi inklusif, mendorong inovasi serta efisiensi tinggi.

“Fokus kami pada WIEF ke-12, sebagaimana dalam forum-forum kami sebelumnya, adalah terus berusaha mempromosikan bisnis dan kerja sama ekonomi sebagai dasar untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dunia,” kata Tun Musa di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (10/7).

Dalam forum kali ini, beberapa isu yang akan dibahas antara lain, penerbitan sukuk untuk pembiayaan infrastruktur, pengintegrasian produk halal dan keuangan syariah, pengembangan industri makanan halal secara global, dan pengembangan industri fashion islami secara global.

Selain itu juga mengenai peningkatan akses pendanaan bagi UMKM, pengintegrasian UMKM ke dalam dunia digital ekonomi, pengembangan crowd funding platform, percepatan inovasi dengan menghubungkan startups dengan perusahaan besar, dan penanaman budaya desain pemikiran (design-thinking) untuk bisnis.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu pasar berkembang dengan fundamental ekonomi yang kuat dan memiliki sejumlah besar UMKM yang memiliki potensi untuk merambah pasar internasional sekaligus membuka lebih banyak kesempatan bagi bangsa serta komunitas bisnis global.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, lndonesia sangat potensial untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah yang terus berkembang pesat,” jelasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge