0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minat Baca Masyarakat Wonogiri Perlu Ditingkatkan

Kepala Arpusda Wonogiri Eko Kariyanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Minat baca masyarakat Wonogiri dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Namun demikian, prosentasi peningkatan minat baca tersebut masih sangat kecil.

“Memang belum sesuai harapan kita, tapi kita tetap berusaha dengan menelorkan kiat- kiat tertentu yang dapat merangsang minat baca masyarakat,” ungkap Kepala Arsip dan Perpustakan Daerah (Arpusda) Wonogiri, Eko Kariyanto, Selasa(2/5).

Dari catatan Arpusda Wonogiri, mulai tahun 2015 hingga 2016, ada tren peningkatan kunjungan di perpustakan milik Pemkab ini. Akan tetapi jumlah peningkatannya masih terbilang kecil.

“Ada sekitar 21 ribu pengunjung dalam kurun waktu itu. Jika dirata-rata jumlah pengunjung tiap harinya sekitar 40 orang,” jelasnya.

Pihaknya pun telah meneken kerjasama dengan berbagai dinas dan instansi yang ada di Wonogiri untuk meningkatkan jumlah pengunjung di perpustakan. Bahkan, setiap sekolah, mulai dari PAUD, SD, SMP dan SMA dianjurkan untuk membuat kelompok baca dan menjadwalkan kunjungan baca di perpustakan daerah.

“Salah satu langkah untuk mendongkrak minat baca ya kita membuat pameran buku,” tandasnya.

Dia berharap masyarakat Wonogiri tidak bosan-bosannya untuk meningkatkan minat baca. Diakui, adanya kemajuan teknologi juga menjadi pengaruh daya minat baca.

“Karena dengan membaca, secara otomatis akan menambah ilmu pengetahuan, dan yang jelas dapat meningkatkan kesejahteraan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge