0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir Pekan, Batam dan Bintan Dibanjiri Wisatawan Singapura

www.gogonesia.com
(www.gogonesia.com)

Timlo.net – Tren kunjungan wisatawan ke Batam dan Bintan cenderung naik. Pada momen liburan akhir pekan lalu, wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) memadati dua kawasan itu.

“Tren baru sekarang, adalah pergerakan wisnus dari Batam dan Tanjungpinang sejak dibukanya wahana baru Crystal Lagoon di Treasure Bay Bintan,” terang Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Riau, Guntur Sakti, kemarin.

Wisatawan bisa berkemah di Crystal Lagoon, Treasure Bay. Bangunan penginapannya terbuat dari kain terpal dengan dekorasi interior bergaya vintage. Inilah laguna buatan terbesar dan pertama di Asia Tenggara.

“Wisatawan banyak yang suka dengan penginapan berkonsep safari seperti itu. Sekelilingnya ada hutan mangrove, perumahan, fasilitas umum dan kolam air asin seluas 6,3 hektar Di kawasan ini. Wisatawan juga bisa aman melakukan aktivitas sea sport seperti cable ski dan bungee jumping,” tambah Guntur.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira menjelaskan, keberadaan Crystal Lagoon di Treasure Bay, menurutnya, menjadi jurus pemikat yang sangat ampuh untuk menggoda wisatawan. Imbasnya, saat libur panjang ini, sebanyak 2.300 kamar yang ada di Bintan terisi penuh.

“Dari Kamis-Sabtu, kunjungan wisatawan ke Bintan mencapai 3.600 orang. Sebanyak 90 persen di antaranya adalah wisatawan nusantara,” papar Luki.

Enam lapangan golf di Batam, yaitu Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, Padang Sukajadi Golf serta tiga lapangan di Bintan, seperti Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, Laguna Bintan Golf Club juga tak pernah sepi.

Wisatawan asal Singapura banyak yang menghabiskan waktu di lapangan-lapangan golf berpanorama eksotis di tempat-tempat tadi.

“Di libur panjang ini kami benar-benar sibuk. Banyak warga Singapura yang main di sini,” terang Steven Japari, General Manager Palm Springs Golf & Beach Resort.

Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso, mengungkapkan, jika pada hari biasa, yang datang ke Batam jumlahnya di kisaran 4.000-an. Mulai Selasa (5/5), penumpang yang masuk Batam melonjak menjadi 7.800-an penumpang. Sehari setelahnya, Rabu (4/5), jumlahnya naik menjadi 8.000 penumpang. Sementara pada Kamis (5/5), pengunjung yang datang mencapai 8.500 penumpang.

“Ada kenaikan sekitar 20 persen. Itu sebabnya industri pariwisata kewalahan,” tutur Suwarso.

Suasana pelabuhan juga tak kalah ramai. Kepala Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur, Erwin Syahrizal, mengatakan kondisi pada Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) sangat ramai.

“Penumpang yang datang ke Batam sebanyak 4.962 orang. Jumlah pelayaran pada hari itu, sebanyak 87 kali. Kamis dan Jumat tak jauh beda,” ungkap Erwin Syahrizal.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge