0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pria Ini Nekat Mencuri di Mall Besar

merdeka.com
Pelaku pencurian di mal Malang (merdeka.com)

Timlo.net — Aksi pencurian yang dilakukan Rudi (42) tergolong sangat berani. Karena sasarannya adalah mal-mal besar di Kota Malang yang sudah dilengkapi CCTV dan sistem pengamanan canggih lainnya. Pria asal Lumajang itu terbukti bisa lolos dan membawa barang-barang hasil kejahatannya. Ia mengaku telah melakukan aksinya itu hampir di seluruh mal besar di Malang.

Setelah lama beraksi, Rudi akhirnya ditangkap oleh anggota unit Reskrim Polsek Klojen. Pria subur itu diringkus saat mencuri di Giant Malang Olympic Garden (MOG), Jalan Kawi, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Rudi akhirnya harus mendekam di tahanan Polsekta Klojen.

Rudi merupakan warga Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang. Pria satu anak ini sudah melakukan aksinya di MOG dan Matos (Malang Town Square). Selain itu juga kerap menggarong barang dagangan di beberapa pertokoan Giant.

“Barang bukti hasil pencurian seperti baju dan perkakas pertukangan telah diamankan,” kata Iptu Irwan Tjatur, Kanit Reskrim Polsek Klojen, Kota Malang di Mapolsek, Senin (8/5).

Setiap beraksi pelaku mengaku hanya seorang diri berangkat langsung dari tempat tinggalnya di Lumajang. Modus yang dilakukan cukup berani, yaitu dengan memasukkan hasil curiannya ke dalam tas yang sudah disediakan.

Kepada petugas, Sabtu (30/4) pelaku mengaku saat beraksi di Giant MOG, dia membawa 26 potong baju dengan nilai nominal sekitar Rp 3 Juta. Aksi itu kemudian diulangi lagi pada Selasa (3/5) sekitar pukul 14.00 WIB. Tersangka melakukan hal yang sama di Hypermart Matos. Pelaku berhasil membawa perkakas, seperti kran air, tang, solder, card reader dan sarung tangan. Hasil kejahatannya itu senilai sekitar Rp 475 ribu.

Sore harinya, pelaku kembali melakukan aksinya di MOG dengan mengambil 21 buah kemeja. Aksi terakhirnya itu senilai Rp 2,739 juta.

Saat itulah aksi pelaku digagalkan, karena sekuriti curiga dengan gerak-geriknya. Petugas keamanan membuntutinya hingga mendapati pelaku membawa hasil curiannya.

“Pihak keamanan mal curiga, akhirnya diikuti dan saat pelaku masuk lorong, barang-barang hasil curiannya dimasukkan ke dalam tas yang dibawanya,” ungkapnya.

Kepada penyidik, tersangka mengaku mencuri untuk kebutuhan hidup keluarga. Barang hasil curiannya selama ini digadaikan ke salah satu koperasi di Jember.

“Atas perbuatannya pelaku dianggap melanggar pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” tegasnya.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge