0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Titik Ini Rawan Macet, Ini Sebabnya

Kepala BPPKAD Solo, Yosca Herman Sudrajad (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dua titik perlintasan kereta api di Manahan dan Purwosari ditengarai menjadi biang keladi kemacetan di tengah kota. Pasalnya, dua perlintasan tersebut berdekatan dengan persimpangan jalan. Kondisi tersebut diperparah dengan adanya penyempitan di ruas jalan tersebut.

“Mulai Faroka sampai Kleco, bisa kita atasi dengan baik. Tapi sampai Purwosari atau Manahan pasti menumpuk di situ karena ada perlintasan kereta,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Yosca Herman Sudrajat, Senin (9/5).

Menurutnya, hampir setiap persimpangan dengan trafic light di Solo dapat dikendalikan dari Central Control Room (CC-Room) Dishubkominfo. Sehingga penumpukan kendaraan di satu titik dapat segera teratasi. Namun untuk persimpangan di kawasan Purwosari, Lingkar Manahan, dan Perempatan Kottabarat, Dishubkominfo tak bisa banyak berbuat karena adanya perlintasan kereta api sebidang jalan.

“Di titik lain seperti Kleco, Faroka, Kerten dan lain-lain kita pantau terus. Kalau ada penumpukan langsung bisa kita kendalikan dari CC-Room. Lha yang di Purwosari ini tidak bisa karena pertama ada perlintasan kereta, kedua juga di situ penyempitan jalan,” terangnya.

Untuk mengatasi hal itu, saat ini Dishubkominfo telah mengajukan pembangunan Fly Over di dua titik tersebut. Sedangkan dalam waktu dekat, untuk Jalan Slamet Riyadi mulai dari Lingkar Purwosari hingga Gendengan akan dibuat satu arah untuk memperbesar kapasitas jalan.

“Segera kita jadikan satu arah. Nanti paling lambat H-7 sebelum Lebaran sudah kita implementasikan supaya kapasitas jalan semakin besar,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengakui lalu lintas di Solo menjadi masalah pelik. Di satu sisi, jumlah kendaraan semakin meningkat sementara kapasitas jalan tidak bisa ditambah lagi.

“Kita sudah tidak bisa menambah jalan karena kalau Solo dibuat jalan layang kok kurang pas. Kalau Fly Over nggak masalah,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge