0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT Sumber Sandang Artoguna dalam Pengawasan BLH Provinsi

timlo.net/putra kurniawan
Warga gedangan datangi PT Sumber sandang artoguna dikawal Polisi dan anggota TNI (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — PT Sumber Sandang Artoguna dinyatakan dalam pengawasan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah. Namun demikian, warga masih menjumpai pabrik yang memproduksi bahan pakaian dan makanan ini membuang limbah berbahayanya ke saluran warga.

“PT Sumber Sandang Artoguna ini dalam pengawasan LH provinsi jadi setiap aktifitasnya harus dilaporkan ke Semarang. Daan saat ini masih dalam proses pengurusan perijinan,” kata perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo, Joko, Senin (9/5).

Perwakilan perusahaan, Purwono meminta waktu kepada warga untuk melakukan perbaikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang saat ini sedang dikerjakan. Namun selama perbaikan produksi jalan terus dan limbah tetap dibuang ke saluran warga.

Permintaan perusahaan langsung ditolak warga karena diakui warga sudah ada korban yang menderita sesak nafas. Bahkan sumur warga di empat desa, Desa Gedangan, Desa Grogol, Kwarasan dan Madegondo yang dilintasi saluran trcemar limbah.

“Limbahnya ini sudah bertahun-tahun mencemari sumur sehingga kami harus membeli air galon untuk keperluan minum. Selain mencemari sumur ada satu petak sawah yang tanamnnya mati karena terkena limbah ini,” tandas salah satu warga, Sugiman.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge